
Jakarta, 8 Mei 2025 – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali memberikan dukungannya terhadap perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui program pelatihan yang bertajuk BOOM! KAI (Bisnis Omset Optimal Mitra-KAI) dan MiKA Next Class. Program ini dirancang untuk membantu para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan digitalisasi dan memperkuat daya saing bisnis mereka.
Pelatihan yang diadakan secara daring pada 28 hingga 30 April 2025 lalu ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta UMKM dari seluruh Indonesia. Program ini menggabungkan sesi pelatihan interaktif dan Video Challenge yang bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada pelaku UMKM dalam mengelola bisnis berbasis digital dan teknologi.
“Melalui BOOM! KAI dan MiKA Next Class!, kami ingin menjawab tantangan UMKM masa kini mulai dari adopsi teknologi, manajemen finansial, hingga pemasaran digital. Ini bukan sekadar pelatihan, tapi investasi masa depan untuk UMKM naik kelas,” ujar EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.
Acara ini dibuka oleh Vice President of CSR KAI, Sandra Pridaswara, yang menekankan pentingnya transformasi kapasitas UMKM agar dapat beradaptasi dengan perubahan pasar yang cepat dan meningkatkan daya saing di era digital.
Pelatihan ini diisi oleh para praktisi terkemuka di bidangnya, seperti Nur Anugerah (Founder Generasi Cakap), Sandy Sutawiguna (Konsultan Digital Marketing), dan Dwi Prayoga (Founder of Artcounting). Mereka memberikan materi seputar strategi pemasaran digital, pengelolaan keuangan, serta tips meningkatkan kualitas produk untuk menarik perhatian pasar yang lebih luas.
Selain itu, peserta juga diikutsertakan dalam Video Challenge yang mengharuskan mereka membuat konten promosi digital produk mereka yang menarik, dengan durasi 1 menit 30 detik. Melalui platform Instagram dan TikTok, peserta berkesempatan untuk meraih hadiah menarik dan sertifikat resmi sebagai penghargaan atas upaya mereka.
“UMKM yang berdaya saing akan menjadi tulang punggung ekonomi nasional. KAI hadir bukan hanya sebagai moda transportasi, tapi juga sebagai mitra pertumbuhan UMKM menuju kelas nasional dan global,” tutup Agus.
Dengan program BOOM! KAI dan MiKA Next Class, KAI berharap UMKM dapat berkembang lebih cepat, bertransformasi ke arah yang lebih baik, dan memiliki kemampuan bersaing di pasar yang semakin digital. (Redaksi)