
Medan, 9 Mei 2025 – Menyambut libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (KAI Divre I Sumut) menyiapkan total 51.880 tiket untuk perjalanan kereta api yang berlangsung pada 9 hingga 13 Mei 2025. Langkah ini diambil untuk mengakomodasi lonjakan penumpang yang diperkirakan meningkat signifikan selama periode libur nasional tersebut.
“Selama libur panjang Waisak, setiap harinya sebanyak 10.376 tempat duduk bisa dipesan untuk kereta api yang beroperasi di sejumlah wilayah Divisi Regional I Sumatera Utara,” ungkap Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. As’ad Habibuddin, dalam keterangannya.
Menurut As’ad, pihaknya akan mengoperasikan sebanyak 30 perjalanan kereta api penumpang setiap harinya di wilayah Sumatera Utara untuk menjamin tersedianya akses transportasi yang andal, aman, dan nyaman selama musim liburan. Seluruh perjalanan ini telah dirancang untuk mencakup rute-rute favorit dan padat penumpang.
“Divre I Sumut mengoptimalkan formasi rangkaian kereta untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menjalankan 8 perjalanan KA Sribilah Utama relasi Medan – Rantau Prapat PP, 6 perjalanan KA Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP, 4 perjalanan KA Siantar Ekspres relasi Medan – Siantar PP, 4 perjalanan KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi – Lalang PP, dan 8 perjalanan KA Cut Meutia relasi Krueng Mane – Krueng Geukueh PP,” jelasnya.
Tingginya minat masyarakat untuk bepergian selama momen libur panjang menjadi latar belakang KAI Sumut dalam menyiapkan kapasitas tempat duduk yang cukup besar. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak menunda pembelian tiket dan segera merencanakan perjalanan mereka jauh-jauh hari.
“Pemesanan tiket dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Access by KAI maupun kanal resmi lain yang telah bekerja sama dengan KAI. Dengan demikian, pelanggan bisa memilih jadwal dan rute yang sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa khawatir kehabisan tiket,” ujar As’ad.
Selain penyediaan tiket dan frekuensi perjalanan yang ditingkatkan, KAI Divre I Sumut juga memastikan bahwa aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang tetap menjadi prioritas utama. Protokol keamanan, kebersihan, dan pelayanan di stasiun maupun di atas kereta akan dioptimalkan untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi seluruh pelanggan.
“KAI Divre I Sumut berupaya semaksimal mungkin agar seluruh penumpang merasa aman, nyaman dan selamat selama libur long weekend ini,” lanjut As’ad.
Transportasi berbasis rel seperti kereta api dinilai menjadi alternatif favorit masyarakat karena bebas dari kemacetan lalu lintas, efisien dari sisi waktu, serta lebih ramah lingkungan. Keunggulan ini menjadi alasan mengapa permintaan tiket KA meningkat pesat, terutama saat musim liburan.
“Kami berkomitmen memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan tentunya bebas dari kemacetan jalan raya. Kami ingin setiap pelanggan dapat menikmati momen long weekend ini dengan penuh kebahagiaan,” tutup As’ad.
Sebagai bagian dari transformasi pelayanan, KAI Divre I Sumut juga terus melakukan inovasi di bidang teknologi, salah satunya dengan penggunaan sistem face recognition di beberapa stasiun yang telah terbukti membantu efisiensi pelayanan sekaligus menekan biaya operasional
Dengan ketersediaan 51.880 tiket dan optimalisasi layanan selama libur Waisak 2025, KAI Divre I Sumut berharap dapat menjadi solusi transportasi pilihan masyarakat Sumatera Utara. Penumpang diimbau untuk tetap mematuhi aturan keselamatan dan menjaga ketertiban selama berada di stasiun maupun di dalam perjalanan. (Redaksi)