
MEDAN, 9 Mei 2025 – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (KAI Divre I Sumut) telah menyiapkan berbagai strategi guna menghadapi lonjakan penumpang yang diperkirakan akan terjadi selama libur panjang Waisak 2025.
Libur panjang yang berlangsung dari 9 hingga 13 Mei 2025 menjadi salah satu momen yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian. Oleh karena itu, KAI Sumut mengambil langkah-langkah terukur dan sistematis guna menjamin layanan transportasi tetap berjalan optimal.
Langkah pertama adalah penambahan kapasitas tempat duduk melalui penyediaan 51.880 tiket kereta api untuk periode tersebut. Jumlah ini tersebar merata dalam lima hari dengan rata-rata 10.376 tempat duduk tersedia setiap harinya.
“Selama libur panjang Waisak, setiap harinya sebanyak 10.376 tempat duduk bisa dipesan untuk kereta api yang beroperasi di sejumlah wilayah Divisi Regional I Sumatera Utara,” ujar M. As’ad Habibuddin, Manager Humas KAI Divre I Sumut.
Untuk mengimbangi permintaan tinggi tersebut, KAI juga mengoperasikan 30 perjalanan kereta penumpang setiap hari, termasuk rute populer seperti Medan – Rantau Prapat, Medan – Tanjung Balai, hingga Tebing Tinggi – Lalang.
Rangkaian kereta yang digunakan juga telah disesuaikan agar mampu menampung lebih banyak penumpang, tanpa mengorbankan kenyamanan. Selain itu, pemeriksaan teknis dilakukan secara intensif guna memastikan keamanan perjalanan.
Tak kalah penting, KAI Sumut juga meningkatkan pelayanan di stasiun. Penambahan petugas, penguatan sistem informasi, serta penggunaan teknologi seperti face recognition di beberapa stasiun menjadi bagian dari strategi modernisasi pelayanan.
“KAI Divre I Sumut berupaya semaksimal mungkin agar seluruh penumpang merasa aman, nyaman dan selamat selama libur long weekend ini,” tambah As’ad.
Dengan strategi ini, KAI Divre I Sumut optimistis dapat melayani penumpang dengan baik dan menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi masyarakat selama libur Waisak. (Redaksi)